Hero Ramah
Guru SMK Makin Kreatif dengan Media Digital dan Inovasi Pembelajaran
Berita

Guru SMK Makin Kreatif dengan Media Digital dan Inovasi Pembelajaran

Oleh: Alfiya Nurjanah
5,474x dilihat
Guru SMK Makin Kreatif dengan Media Digital dan Inovasi Pembelajaran

Jakarta, 15 September 2025 – Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan Webinar Hari Belajar Guru dengan tema “Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Kejuruan”. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring sebagai tindak lanjut Surat Edaran Mendikdasmen Nomor 5684/MDM.B1/HK.04.00/2025 yang mewajibkan guru menyediakan satu hari dalam sepekan untuk belajar, tanpa mengganggu waktu mengajar.

Acara ini diikuti ribuan guru SMK dari berbagai daerah dan menghadirkan narasumber antara lain Eldio Meilano dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), serta guru berprestasi Duta Teknologi Kemendikdasmen Rachmad Effendi dari SMKN 2 Trenggalek. Webinar membahas strategi pengembangan media pembelajaran berbasis digital yang relevan dengan kebutuhan vokasi.


Direktur SMK, Arie Wibowo Khurniawan dalam sambutannya menekankan pentingnya Hari Belajar Guru sebagai upaya peningkatan profesionalisme. “Guru harus terus belajar untuk menjawab tantangan zaman. Melalui kebijakan ini, kami mendorong guru agar lebih adaptif dan mampu menciptakan pembelajaran inovatif,” ungkapnya.

Sementara itu, Eldio Meilano dari Pusdatin menyampaikan bahwa pemanfaatan platform digital seperti Canva sangat membantu guru dalam membuat media pembelajaran tanpa khawatir pelanggaran hak cipta. “Dengan akun belajar.id, guru dapat mengakses aset Canva yang bebas hak cipta karena sudah ada kerja sama resmi dengan Kemendikdasmen,” jelasnya. 

Ia juga mengulas standar konten pembelajaran Guru didorong untuk menghasilkan karya dalam berbagai format, seperti artikel (PDF), audio-visual (video YouTube), dan konten interaktif (H5P). Pemilihan media disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, kondisi peserta didik, ketersediaan sarana, hingga efisiensi biaya. 

Narasumber lain, Rachmad Effendi menambahkan pentingnya konsistensi dalam pemilihan platform. “Guru tidak harus menguasai semua platform. Cukup lakukan asesmen diagnostik, dalami satu platform yang digunakan, dan libatkan murid secara aktif,” terangnya. 

Ia juga memperkenalkan konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) sebagai penilaian autentik yang mampu mengukur pemahaman mendalam siswa melalui mindful, meaningful, and joyful learning.


Dalam paparannya, Rachmad menjelaskan ragam MPI seperti tutorial, simulasi, drill and practice, instructional games, hingga permainan edukasi sederhana untuk menguji pemahaman siswa. Metode ini menekankan integrasi antara aspek edukatif dan hiburan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar sekaligus mengembangkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Dengan kegiatan ini diharapkan guru SMK mampu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif, adaptif, dan sesuai dengan perkembangan teknologi. Kedepan Hari Belajar Guru akan terus digelorakan sebagai ruang bagi guru untuk berinovasi, berkolaborasi, dan meningkatkan kualitas pembelajaran vokasi di Indonesia.



Sumber: Tim Kerja PPSDM Vokasi Direktorat SMK

Editor: Alfiya Nurjanah

Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Layanan Khusus

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah


Laman: https://smk.dikdasmen.go.id

X: https://x.com/direktoratsmk

Instagram: instagram.com/direktoratsmk

Facebook: facebook.com/direktoratsmk

YouTube: Direktorat SMK - Kemdikdasmen

Layanan informasi resmi Direktorat SMK: 08118649444


#SMKBisa

#SMKHebat

#SMKBisaSMKHebat

#PendidikanBermutuuntukSemua

#KemendikdasmenRamah




Bagikan artikel ini